Fraksi-fraksi DPRD sampaikan pemandangan umum atas Nota Keuangan RAPBD 2021 serta 7 (tujuh) buah Ranperda Tahun 2020.

Fraksi-fraksi DPRD sampaikan pemandangan umum atas Nota Keuangan RAPBD 2021 serta 7 (tujuh) buah Ranperda Tahun 2020.
Padang Panjang, DPRD Kota Padang Panjang gelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi – Fraksi DPRD Kota Padang Panjang atas Nota Keuangan Walikota Padang Panjang terhadap Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2021 serta 7 buah Ranperda tahun 2020, Minggu (15/11) d Ruang Rapat Gedung DPRD setempat.
Dibuka oleh Ketua DPRD Mardiansyah A.Md, Rapat Paripurna ini dihadiri oleh Walikota Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Wakil Walikota Drs. Asrul, Wakil Ketua DPRD Yulius Kaisar dan Imbral, S.E., Anggota DPRD, Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Alhi, Kepala OPD, serta undangan lainnya.
Pemandangan Umum Fraksi-fraksi disampaikan secara berurutan oleh :
– Fraksi Gerindra PKS dibacakan oleh Yudha Prasetia
– Fraksi PAN dibacakan oleh Zulfikri, S.E.
– Fraksi Nasdem Bulan Bintangnya dibacakan oleh Hendra Saputra, S.H.
– Fraksi Golkar dibacakan oleh Yovan Fadayan Remindo, S.I.Kom.
– Fraksi Demokrat Kebangkitan Bangsa dibacakan oleh Drs. Nasrul Efendi
Dalam penyampaian Pemandangan Umum Fraksi atas Ranperda tentang APBD 2021, Fraksi Fraksi DPRD menegaskan Ranperda ini merupakan alat untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Beberapa catatan Fraksi- Fraksi yang menitik beratkan pada pengoptimalan sektor pemungutan pajak dan retribusi daerah, peningkatan PAD, penyebab penurunan DAU, Target PAD RSUD, program unggulan tahun 2021, penggunaan anggaran penanggulangan covid 19, program samisake di kelurahan, solusi untuk lokasi SDN 11 dan SMPN 3, posisi pasar sayur dan ternak di pasar pusat, pasar kuliner serta terminal angkutan pedesaan, dan fungsi Tim Percepatan pembangunan yang harus dievaluasi.
Menyikapi usulan 7 (tujuh) buah Ranperda yang diajukan, melalui pemandangan umum ini fraksi DPRD mengingatkan agar Ranperda yang diajukan tidak menjadi perda yang mandul. Selain itu program program yg mendukung Ranperda tersebut diharapkan mempunyai manfaat bagi masyarakat dan bisa meningkatkan Pendapatan bagi Padang Panjang. Memaksimalkan sosialisasi serta masukan dari masyarakat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama juga diperlukan untuk penyempurnaan Ranperda tersebut sehingga pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.
Untuk pembahasan lebih lanjut, Fraksi fraksi DPRD mengusulkan pembahasan dengan membentuk Panitia Khusus (Pansus). Penyampaian Pemandangan Umum fraksi ini akan dilanjutkan dengan jawaban Walikota atas Pemandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda tentang APBD Tahun 2021 serta 7 Ranperda Tahun 2020 dalam Rapat Paripurna yang diagendakan pada Hari Senin (16/10) .