Ketua DPRD Dorong Pemko Carikan Solusi Terhadap Masyarakat Terdampak PPKM Darurat

Ketua DPRD Kota Padangpanjang Mardiasnyah,A.Md meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol dan OPD terkait, untuk lebih mengawasi aktifitas masyarakat selama pelaksanaan PPKM Darurat.
“Bagaimana kita bisa mengawasi masyarakat untuk tetap prokes saat kondisi seperti sekarang, supaya kita bisa keluar dari PPKM Darurat. Kepada Sekretaris Daerah untuk bisa mendapatkan tambahan vaksin melalui Gubernur Sumbar. Kemudian, untuk rumah sakit segera berupaya lagi bagaimana BOR rumah sakit untuk covid BOR nya dibawah 50%, tambah dulu tempat tidur untuk sementara,” kata Mardiansyah saat menghadiri rapat Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padangpanjang di Balaikota setempat , Sabtu (17/7).
Pada rapat evaluasi tersebut juga dihadiri
Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Kapolres AKBP Apri Wibowo,S.Ik, Dandim 0307/ TD Letkol.Inf Wisyudha Utama, Kejari Padang Padang Panjang mewakili, Sekretaris Daerah Sonny Budaya Putra, kepala OPD serta undangan lainnya.
Disebutkan Mardiansyah, pentingnya menjaga kebiasaan masyarakat untuk menaati prokes tersebut, agar Padangpanjang bisa keluar dari PPKM Darurat.
“Pemko juga harus memikirkan bagaimana memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak dari pemberlakukan PPKM Darurat sejak tanggal 12 Juli lalu,” sebutnya.
Menurutnya, pemberlakukan PPKM Darurat yang dilakukan di Kota Padangpanjang, Padang dan Bukittinggi. Cukup memberikan efek kepada masyarakat, khususnya kepada pedagang yang berjualan di Pasar Padangpanjang dan pemilik warung-warung kuliner.
“Alasan orang datang dan ke Padangpanjang untuk menikmati aneka kuliner, karena pemberlakukan PPKM Darurat ini, banyak warung yang ditutup, Pasar Kuliner ditutup. Bagaimana mereka bisa bertahan hidup, sementara mereka tidak berjualan, belum lagi karyawan-karyawan mereka yang menggantungkan nasib dari usaha kuliner,” jelasnya.
Mardiansyah juga menyinggung terkait penambahan pasien positif Covid-19, sejak diberlakukan PPKM Darurat ini dan penanganan pasien Covid-19.
“Kita minta mengefektifkan fungsi Rumah Isolasi yang sudah tersebar hingga tingkat kelurahan dan mendampingi proses pemulihan pasien yang menjalani isolasi mandiri. Agar pasien yang menjalani isolasi mandiri bisa cepat sembuh dan bisa mempengaruhi terhadap status kota kita, dari darurat ke biasa,” urainya.
Pada kesempatan itu, Mardiansyah juga mengapresiasi peran aktif TNI dan Polri serta instansi vertikal lainnya, dalam mempercepat vaksinasi di Kota Padangpanjang dengan menghadirkan gerai-gerai vaksinasi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat.
Dalam acara tersebut Walikota, Ketua DPRD berserta Forkopimda mengapresiasi dan menyerahkan bantuan kepada Kelurahan Ganting dan Kelurahan Tanah Hitam atas Kerja Kerasnya menjadi Satgas terbaik dalam Penanganan COVID-19. (Humas DPRD)