Penyampaian Nota atas Rancangan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kota Padang Panjang dan DPRD Kota Padang Panjang tentang Kebijakan Umum dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2021

Usai Penyampaian Pembacaan Laporan Hasil Kerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Rapat Paripurna dilanjutkan dengan Penyampaian Nota atas Rancangan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kota Padang Panjang dan DPRD Kota Padang Panjang tentang Kebijakan Umum dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2021 (KUA dan PPAS APBD Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2021) yang disampaikan oleh Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA. Datuak Paduko Malano.
Pada nota pengantar Rancangan KUA PPAS APBD Tahun 2021 ini, Walikota menyampaian target yang akan dicapai terkait dengan sejumlah Indikator Makro Ekonomi Kota Padang Panjang Tahun 2021. Diantaranya:
– Peningkatan sektor perdagangan, industri, penyediaan akomodasi dan makan minum yang merupakan basis perekonomian Padang Panjang. Semuanya dilakukan dengan tetap mengoptimalkan sektor pertanian karena sektor pertanian diharapkan dapat digenjot peningkatan nilai tambahnya agar dapat mendukung sektor lain.
– Optimalisasi sarana dan prasarana pendukung aktivitas ekonomi, di antaranya melengkapi sarana dan prasarana pasar pusat.
– Optimalisasi inovasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat terutama untuk meningkatkan geliat perdagangan di pasar pusat Padang Panjang.
– Mendorong pelaku UKM, untuk meningkatkan kapasitas produksi, pemasaran dan menejemen usaha, sehingga dapat berkontribusi terhadap – PDRB dan penciptaan lapangan kerja.
– Peningkatan kesempatan kerja bagi masyarakat dengan fokus sektor perdagangan, industri, akomodasi dan makan minum.
– Penataan destinasi wisata.
Dijelaskan Walikota, Pencapaian target-target tersebut tentunya harus diiringi oleh arah kebijakan pembangunan yang jelas. Dengan memperhatikan fokus pembangunan Kota Padang Panjang tahun 2021 yakni “Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia”, serta tema pembangunan nasional “Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial”, maka Arah Kebijakan Pembangunan Ekonomi Kota Padang Panjang Tahun 2021
Kebijakan keuangan daerah Kota Padang Panjang untuk Tahun Anggaran 2021 diarahkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.
Optimalisasi pendapatan asli daerah diharapkan dapat memperkecil ketergantungan pendanaan dari Pemerintah Pusat. Tahun 2021 merupakan tahun ketiga pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang Panjang Tahun 2018-2023. Adapun prioritas pembangunan Kota Padang Panjang yang akan dilaksanakan tahun 2021 sesuai dengan RKPD Kota Padang Panjang Tahun 2021 antara lain
– Peningkatan produktifitas ekonomi masyarakat berbasis potensi daerah
– Percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran
– Peningkatan Kualitas Pendidikan yang berakhlak dan berkarakter
– Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat
– Peningkatan kualitas infrastruktur kota yang berkelanjutan
– Peningkatan kualitas tatanan kehidupan masyarakat yang agamis dan berbudaya
– Peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang anti KKN
“Kami berharap agar Rancangan ini dapat dibahas antara DPRD dan Pemerintah Daerah sehingga dapat dijadikan kesepakatan bersama yang akan menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam menyusun RAPBD Tahun Anggaran 2021”, jelas Walikota.