Penyampaian Nota Pengantar Walikota atas Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2020

Agenda ke tiga Rapat Paripurna DPRD Kota Padang Panjang Senin, (07/09) yaitu Penyampaian Nota Pengantar Walikota atas Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2020 yang disampaikan oleh Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul.
Rapat dihadiri oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak. Paduko Malano, Pimpinan DPRD, Ketua Mardiansyah, A.Md, Wakil Ketua Imbral, SE dan Yulius Kaisar, Anggota DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, serta undangan lainnya.
Tujuan dari penyampaian Nota ini antara lain adalah Sebagai Pengantar dalam pengajuan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan PPAS perubahan APBD Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2020 dan untuk memberikan gambaran dan informasi secara makro mengenai Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan PPAS Perubahan APBD Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2020.
Dalam pidatonya, Wakil Walikota menyampaikan pada sisi Pendapatan dilakukan beberapa penyesuaian seiring dengan perkembangan yang terjadi dalam semester pertama tahun anggaran 2020 ini.
Penurunan pendapatan ini karena adanya penurunan pada kelompok Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang dipengaruhi akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada seluruh sektor ekonomi,terutama akibat dari kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
sesuai dengan ketentuan berlaku, setelah disusun Kebijakan Umum Perubahan APBD, maka disusun PPAS Perubahan APBD yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari Kebijakan Umum perubahan APBD.
Perubahan Belanja Langsung dibatasi pada kegiatan yang bersifat mendesak, tidak bisa ditunda dan dalam rangka percepatan pencapaian target RPJMD Kota Padang Panjang serta pemenuhan kebutuhan OPD akibat pergeseran anggaran hasil refocusing APBD Tahun 2020
Secara keseluruhan perubahan Belanja Daerah Tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 8,87%, Pada kelompok Belanja Tidak Langsung terjadi peningkatan sebesar 4,97% hal ini dilakukan dalam rangka penanganan Covid-19 di Kota Padang Panjang sedangkan pada komponen pengeluaran pembiayaan daerah tidak dilakukan perubahan atau tetap sebesar Rp.0.
“Mudah-mudahan dengan prinsip kebersamaan dan kemitraan, prosesnya dapat berjalan lancar, sehingga dapat ditetapkan menjadiNota Kesepakatan antara Pemerintah Kota Padang Panjang dan DPRD Kota Padang Panjang” harap Wakil Walikota.
Selain itu beliau juga mengingatkan saat ini kasus covid-19 kembali meningkat, dan hal ini tentunya perlu menjadi perhatian kita bersama untuk mengingatkan agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas.
Rangkaian agenda Rapat Paripurna DPRD Kota Padang Panjang berakhir setelah Walikota Padang Panjang menyerahkan secara resmi Nota Penjelasan Walikota atas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2021 dan Penjelasan Walikota atas Perubahan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2020 kepada Pimpinan DPRD.