Rapat kerja dengan OPD, Bapemperda : Perda harus bisa dirasakan masyarakat banyak

Rapat kerja dengan OPD, Bapemperda : Perda harus bisa dirasakan masyarakat banyak
Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) adakan rapat kerja dengan Dinas Pariwisata, BPKD, dan Dinas Pertanian
Rapat kerja Bapemperda, Senin (13/9) bertujuan menindak lanjuti Program Pembentukan Perda Kota Padang Panjang Tahun 2021. Rapat dipimpin oleh Ketua Bapemperda Drs. Aditiawarman, dan dihadiri Anggota: H. Yandra Yane, SE, Yovan Fadayan Remindo, S.I.Kom, dan Herman. jajaran Disporapar, Dinas Pangan dan Pertanian, serta Badan Pengelolaan Keuangan Daerah.
Sebanyak 3 buah Raperda akan dibahas bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kota Padang Panjang pada masa sidang Bulan September-Desember Tahun 2021, diantaranya
1. Ranperda tentang Pembangunan kepemudaan,
2. Ranperda tentang Penyertaan Modal Daerah ke dalam Modal Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat, serta
3. Ranperda tentang Tata Cara Penyelenggaraan cadangan pangan.
Dengan Disporapar, Bapemperda membahas Ranperda tentang Pembangunan kepemudaan. Kekurangan wadah kepemudaan dan sarana prasarana. Bapemperda menginginkan cara untuk meningkatkan inovasi pemuda dalam menciptakan lapangan kerja.
Latar belakang terbentuk Ranperda bukan cuma fokus untuk memenuhi amanat Undang – Undang, melainkan butuh ide ide sehingga Perda ini terasa manfaatnya dan dapat dirasakan masyarakat banyak.
Terkait Ranperda tentang Penyertaan Modal Daerah ke dalam Modal Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat, BPKD bersama Bapemperda berfungsi untuk mempertahankan kepemilikan saham di Bank Nagari. Hingga saat ini posisi sebagai pemegang saham semakin turun karena sudah 5 tahun tidak ada penambahan modal daerah disbanding daerah lain.
Untuk Ranperda Tata Cara Penyelenggaraan cadangan pangan, dibahas pentingnya Ranperda ini jika terjadi kelangkaan pangan, terjadi lonjakan harga serta bantuan bencana alam. Dan hal ini nisa menjadi solusi strategis apalagi terjadi bencana atau situasi darurat karena butuh waktu jika menunggu bantuan pusat.
Dari hasil rapat ini Ketua Bapemperda Drs. Aditiawarman menyampaikan 3 (tiga) buah Ranperda yang dibahas akan disampaikan kepada Pimpinan untuk dibahas dan diharapkan akan dibentuk Pansus terkait Ranperda ini.