Rapat kerja dengan OPD terkait, Pansus II inginkan Pendidikan jadi salah satu prioritas

Bahas Kinerja dan Program, Pansus II melakukan Rapat kerja/ Hearing dengan Dinas Pendidikan dan Pariwisata, BAZ, dan Kesra, Kamis (15/04). Rapat kerja kali ini bertujuan mengetahui rekomendasi, permasalahan, Renstra, program yang menjadi visi misi Walikota serta prioritas untuk tercapainya RPJMD.
Secara keseluruhan, kegiatan yang ada di OPD pada umumnya sudah terlaksana dengan baik, namun ada beberapa masukan dan catatan yang perlu di evaluasi dalam Rapat kerja kali ini.
Pada Dinas Pendidikan, Pansus II menginginkan percepatan penyelesaian dan memaksimalkan asrama SMP 6,
Perhatian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat formal dan non formal (PKBM), Di samping itu, dinas pendidikan, agar lebih menonjolkan bagian kebudayaan bukan hanya pendidikan saja, realisasi Dana Bos, Pendidikan karakter bagi murid dan guru, serta kerjasama dengan universitas dan lembaga untuk beasiswa, kolaborasi dengan sekolah agama untuk melahirkan ulama yang berasal dari Padang Panjang. Maka Anggaran untuk pendidikan harus diprioritaskan.
Kepada Kesra, Pansus II berharap bisa memberikan ide dan asupan ke dinas terkait sebagai tim penanggulangan kemiskinan, melahirkan program baru dan tidak hanya fokus di bidang keagamaan saja.
Selanjutnya untuk BAZ, Pansus II meminta pemberian zakat dengan kategori “layak”, dinilai bukan berdasarkan jenis pekerjaan, melainkan dari segi seberapa besar tanggungan keluarga.
Selain itu dengan adanya Program 1 rumah 1 sarjana, diharapkan bantuan yang diberikan tidak tumpang tindih dengan kegiatan BAZ yaitu “Padang Panjang Cerdas”. Pansus II juga meminta melalui kesra untuk tunjangan kehormatan pengurus BAZ, serta sarana dan prasarananya.
Dalam sesi berikutnya Rapat kerja dilanjutkan dengan menghadirkan Dinas Perdadangan koperasi dan UKM, dan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata.