Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Hari Jadi ke 230 Kota Padang Panjang

HJK Padangpanjang Diperingati Sederhana
Padang Panjang, Peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Padangpanjang ke 230, diperingati secara sederhana dengan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Padangpanjang yang dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno,Selasa (1/12).
Ketua DPRD Kota Padangpanjang Mardiansyah,A.Md pada pembukaan sidang paripurna menyampaikan, peringatan HJK Kota Padangpanjang yang dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 memang dilaksanakan berbeda dari peringatan tahun-tahun sebelumnya.
“Hari ini merupakan momen yang sangat berbahagi bagi seluruh elemen masyarakat di Kota Padangpanjang. Tetapi, karena masih kondisi Covid-19, kita tidak bisa melaksanakan beragam kegiatan yang melibatkan kerumunan massa. Termasuk juga dengan pengalihan sejumlah pos-pos anggaran untuk penanganan dampak Covid-19,” sebut Mardiansyah.
Pada kesempatan itu, Mardiansyah juga meminta kepada pemerintah daerah untuk segera merealisasikan APBD Kota Padangpanjang Tahun 2021 yang telah ditetapkan pada 28 November lalu. Sehingga, bisa menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat yang telah luluhlantak akibat pandemi Covid-19.
Sementara itu, Walikota Padangpanjang Fadly Amran,BBA Dt Paduko Malano dalam sambutannya meyampaikan, peringtaan HJK ke 230 tetap berjalan khidmat meski di tengah pandemi Covid-19.
“HJK merupakan kilas balik dan refleksi Pemko dan masyarakat, agar menjadi lebih baik kedepannya. Meskipun begitu, Pemko tetap berjuang dan terus mengejar target serta berupaya segera merealisasikannya APBD Tahun 2021. Seperti, pembenahan sarana prasarana pasar pusat, pembangunan pedestrian dan lanjutan pengadaan tanah dan perencanaan Sport Center,” sebut Fadly Amran.
Terpisah, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya berharap, di usianya ke 230 tahun, Kota Padangpanjang semakin maju, berjaya, bermarwah dan bermartabat serta masyarakatnya sejahtera di bawah kepemimpinan Fadly-Asrul.
Irwan Prayitno memuji duet kepemimpinan Fadly-Asrul yang patut dicontoh oleh pemimpin kota dan kabupaten lain di Sumbar. “Pak Fadly Amran dan Pak Asrul patut dijadikan contoh. Tak ada kisruh, koordinasi lancar. Semoga selalu harmonis sampai akhir kepemimpinan, begitu pun bersama DPRD-nya,” puji Irwan.
Mewakili unsur masyarakat, Ketua KAN Bukit Surungan Faiz Fauzan El Muhammady Dt. Bagindo Marajo menyampaikan, HJK hakikatnya merupakan peringatan, sejauh mana amanah dijalankan Pemko yang dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. “Kita memohon kepada Allah SWT selalu diingatkan akan kebenaran dan menguatkannya. Semoga kita mampu mencegah kemungkaran,” katanya.
Faiz Fauzan juga mengimbau kepada pemangku kebijakan di Kota Padangpanjang untuk menjaga dan menyelamatkan marwah Kota Padangpanjang, serta membangkitkan kembali Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.
“Kami berharap, Pemko dan DPRD segera merampungkan Perda Nagari yang diharapkan dapat menyelamatkan generasi kita. Tegakkan kebenaran dan cegah kebatilan,” katanya. (hms-ned)